POIN PENTING DALAM VARIABEL PHP





Kata variabel sudah tidak asing lagi bahkan sering terdengar. Dalam pelajaran Matematika, kita mengenal istilah variabel dan konstanta. Variabel bisa diibaratkan sebagai wadah dan memiliki nama serta dapat diisi. Sedangkan konstanta memiliki fungsi yang sama dengan variabel, tetapi nilai dari konstanta tidak bisa berubah.
Secara definisi bebasnya, variabel adalah code program yang digunakan untuk menyimpan nilai tertentu. Nilai yang disimpan di dalam variabel dapat diteruskan untuk di simpan dalam database atau untuk ditampilkan kepada pengguna.
Nilai dalam variabel dapat berisi dengan informasi yang diinginkan. Variabel juga memiliki nama yang digunakan untuk mengaksesnya.
Dalam setiap bahasa pemrograman, masing-masing memiliki aturan sintaksis yang berbeda-beda. Seperti pada bahasa pemrograman umumnya, PHP juga memiliki aturan dalam proses pembuatan variabel. Berikut adalah aturan pembuatan variabel pada PHP :





1. Semua  variabel  pada PHP harus diawali dengan  tanda “$”

Variabel pada PHP harus ditulis dengan awalan berupa tanda dollar sign atau tanda dollar ($). Setelah tanda $, variabel PHP harus diteruskan dengan awalan huruf dan tidak boleh diteruskan langsung dengan angka.



Dan berikut contoh penulisan variabel yang salah.



2. Variabel pada PHP bersifat Case Sensitif.

PHP membedakan antara huruf kecil dan huruf besar (Case Sensitif). Sebagai contoh $nama akan berbeda dengan variabel $Nama ataupun menggunakan $NAMA.


Pada contoh diatas PHP eror karena tidak menemukan variabel $andi. Untuk menghidari kesalahan dalam merujuk variabel $nama yang akan dituju, disarankan untuk menggunakan huruf kecil pada setiap  nama variabel.

3. Variabel pada PHP tidak memerlukan deklarasi terlebih dahulu.

Berbeda dengan bahasa pemrograman lain, yang mengharuskan untuk melakukan definisi variabel.  PHP tidak perlu untuk dilakukan pendifinisian variabel.


4. Memberikan Nilai Pada Variabel.

Sama seperti bahasa pemrograman lain, PHP menggunakan tanda sama dengan “=” atau dikenal juga dengan istilah  Assignment Operators  untuk memberikan nilai pada variabel. Berikut adalah contoh pemberian nilai pada variabel PHP.


5. Menampilkan Nilai Variabel.

Bisa dikatakan variabel adalah inti dari bahasa pemrograman. Karena dengan variabel, kita bisa mengubah nilai inputan menjadi hasil yang diinginkan.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.